Rabu, 10 Juli 2013

cara backup dan restore driver laptop

Assalamu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan ini saya akan membagikan ke sobat sebuah software untuk backup dan restore driver komputer atau laptop yang bernama Double Driver.
Double Driver adalah software portable gratis (tanpa  perlu di instal) yang dapat sobat gunakan untuk membackup dan merestore driver pada komputer atau laptop ketika sobat akan menginstal ulang windows pada komputer atau laptop sobat.
Seperti di artikel saya sebelumnya tentang ebook cara install ulang windows xp dan ebook cara install ulang windows 7, Software ini sangat-sangat berguna jika sobat tidak mempunyai CD driver komputer atau CD driver laptop.
Untuk menjalankan software Double Driver ini caranya cukup mudah, sobat hanya tinggal mengklik 2x ke logo Double Driver.

Cara menggunakannya :
1. Setelah sobat mendownload software Double Driver (masih berbentuk file winrar), kemudian ekstrak dan klik double pada logo software Double Driver;
 

2. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, lalu klik Backup ;

3. Maka tampilannya seperti gambar di bawah,  lalu klik tab di bagian bawah yang bertuliskan "scan current system"

4. Maka tampilannya seperti gambar di bawah, kemudian pilih select lalu klik tanda panah kecil berwarna hitam yang berada disamping select, lalu klik All (agar semua driver-driver yang ada di komputer atau laptop sobat terceklis).

5.  Kemudian klik tab di bagian kanan bawah yang bertuliskan "Backup Now" maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ;
Tampilan diatas merupakan tempat yang nantinya sobat akan menyimpan file hasil backup driver dari komputer atau laptop sobat  

6. Kemudian klik saja OK, jika sobat ingin menyimpan file hasil backup secara default yang otomatis tersimpan di dokumen, tapi jika sobat ingin menyimpan file tersebut ditempat lain, sobat bisa merubahnya dengan mengklik kotak yang ada disamping nama tempat penyimpanan.
Atau sobat ingin membungkusnya dengan file berbentuk zip, maka sobat tinggal memilih "Compressed (zipped) folder" lalu tekan OK.

7. Kemudian Double Driver akan memproses backup driver komputer atau laptop sobat;

8. Kemudian cek di mana sobat menyimpan hasil dari backup driver yang tadi sobat buat.
9. Selesai, kini sobat sudah mempunyai driver dari laptop atau komputer yang akan di gunakan setelah sobat menginstal ulang windows komputer atau laptop sobat. 

Dan untuk merestore semua driver hasil backup, sobat tinggal mengklik Restore yang ada di software Double Driver, maka akan muncul tampilan pilihan yang akan menuju ketempat hasil penyimpanan backup driver, lalu klik OK.

 
Untuk penjelasan secara lengkap bergambar cara Restore driver akan saya bagikan di artikel berikut.
Demikian penjelasan singkat cara backup dan restore driver komputer atau laptop, semoga bermanfaat bagi sobat. 

6 komentar: