Selasa, 09 Juli 2013

Panduan cara Instal Ulang Windows XP

Assalamu'alaikum wr.wb

Halo sobat, pada kesempatan ini saya akan membagikan lagi tentang cara instal ulang windows di komputer, laptop, dan notebook, khususnya windows xp.
Seperti di artikel saya sebelumnya tentang panduan cara instal ulang windows 7 tersebut, semuanya menggunakan CD/DVD untuk penginstalannya.

Mungkin ada beberapa sobat yang belum mengetahui bagaimana cara mengintal ulang windows di komputer atau laptop, maka sobat cukup mendownload panduan cara instal ulang windows xp dan panduan cara instal ulang windows 7 yang tentunya gratis di blog ini.

Mungkin perlu saya jelaskan sedikit, tentang mengapa windows di komputer atau di laptop sobat perlu di instal ulang ;
1. Karena terserang virus dan sudah tidak ada pilihan lain selain menginstal ulang.
2. Karena system operasi sudah terlalu banyak file sampah yang tidak tertangani oleh software pembersih file sampah. Harap dimengerti bahwa software pembersih file sampah jika tidak tepat kadang justru menimbulkan masalah pada computer, misalnya pada registry editor.
3. Karena system operasi sudah sedemikian lambat dan meng-uninstall sebagian program aplikasi ternyata tidak menyelesaikan masalah.
4. Karena konfik antara program aplikasi maupun dengan system operasi sehingga komputer malas bekerja atau bahkan tidak bekerja.
5. Dan masih banyak lagi alasan lain mengenai hal ini
Jadi jikalau komputer atau laptop sobat mengalami hal-hal tersebut diatas, mengapa tidak komputer atau laptop sobat di instal ulang.

Tapi sebelum sobat menginstal ulang windows komputer atau laptop sobat, terlebih dahulu sobat harus mengetahui ada beberapa kegagalan dalam menginstal ulang windows, sehingga ketika sobat mengalaminya tidak perlu kaget apalagi takut.

Beberapa kegagalan dalam menginstal ulang windows :
1. Kegagalan pada CD/DVD installer; Biasanya CD/DVD installer yang sudah tua dan banyak goresan akan susah dibaca oleh CD/DVD ROM, Oleh karena itu pastikan CD/DVD installer masih sangat layak untuk digunakan, Jika CD/DVD installer rusak maka akan muncul beberapa kali pesan (can’t copy file….). Sebenarnya pesan ini bisa diabaikan dengan pilihan (Skip) tetapi kemungkinan besar nantinya ada kegagalan tertentu ketika windows sudah berjalan di komputer atau laptop.
2. CD/DVD ROM rusak atau kabur optiknya; Jika optik CD/DVD ROM kabur alias berdebu, maka dia tidak bisa membaca CD/DVD insteller dengan tepat dan jika ini terjadi maka proses akan menjadi sangat lambat atau terhenti lalu muncul peringatan kegagalan. Peringatan paling keras dari kegagalan ini adalah Blue screen of death. Pastikan kabel CD/DVD ROM terpasang dengan tepat, kalau perlu siapkan CD/DVD ROM cadangan.
3. Kesalahan menulis pada hard disk; Ada kalanya terjadi kegagalan mengcopy file-file kedalam hard disk sehingga proses install ulang gagal, permasalahan listrik tidak stabil juga bisa mengganggu proses ini. Penyebab lain adalah kabel data hard disk longgar atau tidak tepat, dan juga biasanya hard disk yang sudah tua dan tidak stabil lagi, walaupun hard disk masih terdeteksi di BIOS.

Jadi tidak perlu ragu apalagi takut untuk menginstal ulang windows komputer atau laptop sobat, karena panduan cara instal ulang windows xp dan panduan cara instal ulang windows 7 sudah di jelaskan secara jelas dan terperinci tahap-tahap dalam menginstal ulang windows. 

silahkan download

Demikian sedikit penjelasan tentang panduan cara instal windows xp, di artikel berikutnya saya akan membagikan kepada sobat sebuah aplikasi portable yang berguna untuk membackup dan merestore driver-diver yang ada di komputer atau laptop sobat, apabila sobat tidak mempunyai CD driver komputer atau laptop sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar